-->

Belum Sepekan, Saluran Irigasi Petani Dengan (RAB) Dana Desa 55 Juta Bukan Malah Membantu Tapi Malah Membuntu Saluran.

Kontributor : Yanti.

Jurnalterate.com - Proyek pembangunan jaringan irigasi pertanian di Dusun Sempol, Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan, Jombang, Jawa Timur, menyita perhatian beberapa pihak. Pasalnya, proyek yang bersumber dana dari dana desa (DD) tahun 2022, senilai 55.888.000 (lima puluh lima juta delapan ratus delapan puluh delapan ribu) yang tertera di prasasti sudah roboh di usianya yang baru beberapa bulan.

Jaringan irigasi pertanian di Dusun Sempol tersebut, yang roboh beberapa waktu lalu hanya dikasih penyangga bambu. Suyanto selaku Kepala Dusun Sempol menjelaskan ketidaktahuan kapan, bagaimana dan tepatnya bangunan irigasi pertanian tersebut.

“Kurang tau, kemarin saya mau mengantarkan anak ke sekolah, melihat bangunan tersebut kok sudah roboh,” kata Suyanto.

Berfungsi sebagai fasilitas utama proses bertani. Saluran irigasi yang biasa lancar sebagai jalan pengairan kini menjadi hambatan dengan terhalangnya aliran air hulu oleh bekas dinding robohan bangunan irigasi.

“Sudah saya sampaikan kepada TPK, katanya akan segera di perbaiki masih mencari tenaga tukangnya,” ujarnya.

Andi, selaku Kepala Desa Pelabuhan yang baru, saat di konfirmasi menjelaskan pada saat pembangunan proyek jaringan irigasi pertanian dia belum menjabat.

“Pada saat pelaksanaan pembangunan proyek tersebut saya masih belum menjabat,” tuturnya.

Andi berharap, bangunan yang roboh tersebut untuk segera di perbaiki dan di kembalikan ke titik awal sesuai dengan RAB. “Besar harapan saya agar segera di perbaiki sesuai dengan titik awal RAB,” pungkasnya.

© 2021 ‧ jurnalterate.com. All rights reserved. Made with ♥ by tdb